Kamis, 01 Maret 2012

Ragung,S.Pd

Ragung,S.Pd lahir di Desa Leuweunggede, Blok Ahad, Kecamatan Jatiwangi, Majalengka, tanggal 21 Maret 1964. Ayahnya bernama Soleh (alm) semasa hidupnya bekerja sebagai buruh bangunan dan ibu Tarti (alm). Ia adalah anak ke-9 dari 11 bersaudara. Ia menempuh pendidikan dasar di SDN Leuweunggede dan SMPN Jatiwangi, lulus tahun 1979. Menempuh pendidikan SLTA di SMAN Jatiwangi Jurusan Bahasa, lulus pada tahun 1982. Setemat SLTA, Ragung melanjutkan pendidikan di IKIP Bandung Jurusan Pendidikan dan Sastra Indonesia, untuk jenjang Diploma-2. Setelah itu ia mengambil Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di IKIP Bandung pada jenjang Diploma-3. Pada tahun 2000, ia melanjutkan pendidikan di UPI Bandung untuk jurusan yang sama.
Karir pekerjaan di bidang pendidikan dimulai di SMPN 1 Bantarujeg sebagai guru bidang studi bahasa Inggris (1985-1998), selanjutnya ia ditugaskan di SMPN 2 Jatiwangi sebagai guru bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Pada tahun 2010, ia mendapatkan tugas sebagai Kepala SMPN 2 Rajagaluh. Di sekolah tersebut ia bertugas selama 1 tahun. Selanjutnya ia ditugaskan sebagai Kepala SMPN 2 Sukahaji.
Selama menjadi guru bahasa Indonesia di beberapa sekolah, ia banyak  mendedikasikan dirinya dalam bidang bahasa Inggris. Ia pernah membuat LKS dan buku tugas siswa. Ia pernah aktif menulis puisi dan cerita pendek di salahsatu surat kabar di Ciamis. Ketika bertugas di SMPN 2 Jatiwangi, Ragung pernah membuat
LKS Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Penerbit Gani Utari. Selain itu, ia bepengalaman sebagai koordinator tim pengembang kurikulum serta ikut mengembangkan kurikulum dokumen satu untuk SMP di Kabupaten Majalengka. Dokumen satu adalah dokumen kurikulum yang berkenaan dengan peraturan-peraturan satuan pendidikan, di antaranya memuat tentang struktur kurikulum dan kalender
pendidikan. Selain menjadi tim pengembang kurikulum, aktif juga di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bermutu dengan kapasitas sebagai Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kab. Majalengka, District Core Team (DCT) Kabupaten Majalengka dan Provincial Core Team (PCT) Provinsi Jawa Barat.
Prestasi yang pernah diraih, di antaranya adalah menjadi Juara I Guru Berprestasi  Tingkat Kabupaten Majalengka (2005) dan Juara Harapan II Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat (2005) serta Juara Harapan I Guru Berprestasi Provinsi Jawa  Barat (2009). beberapa kegiatan yang bersifat training of trainer (TOT) juga pernah diikuti, di antaranya TOT tentang pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan di Jakarta. TOT Lesson Study, TOT Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), TOT Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), TOT Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa, serta TOT penilaian Kinerja Guru.
Di akhir tahun 2011, aktif pula membantu dinas pendidikan, atas tugas khusus Disdik, untuk mensosialisasikan bantuan operasional sekolah kepada kepala SMP, kepala SD, komite, dan bendahara di setiap kecamatan. Ia juga sering mengisi materi tentang KTSP dan Penelitian Tindakan Kelas di setiap MGMP Bermutu, baik pada kelompok mata pelajaran IPA, matematika, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Ragung menikah dengan Ida Rosita, S.Pd (guru SMPN 3 Jatiwangi) pada tahun 1988 dan dikarunia dua anak yaitu Gita Febria Priskawati dan Roshena Shinta Bella. Anak pertama sudah menyelesaikan kuliah dan mempersiapkan diri memasuki jenjang pascasarjana dan anak yang kedua masih menuntut ilmu di sekolah menengah.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar